Thursday 11th July 2024
[otw_is sidebar=otw-sidebar-1]
[otw_is sidebar=otw-sidebar-4]

Pendiri EWRC Indonesia Eko Wiratno Menyambut Baik Pelatihan Pengembangan Usaha Lele di Desa Tegalrejo Sawit Boyolali yang di Prakarsai Universitas Boyolali

[otw_is sidebar=otw-sidebar-5]
[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]
Boyolali – Empat Kelompok budidaya ikan lele mengikuti pelatihan pengembangan usaha di Kampung Lele, Desa Tegalrejo, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Selasa (5/9/2023) dan Rabu (6/9/2023). Kegiatan selama 2 hari ini bekerjasama dengan Universitas Boyolali(UBY).
Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat(LPPM) UBY Ir. Sigit Muryanto, MP menjelaskan peserta pelatihan yakni Kelompok Karmina, Kelompok Pamuji, Kelompok Wiwin, dan Kelompok Peternak Lele Bangun Mina Sejahtera. Semua kegiatan pelatihan dibiayai oleh Dikti. “Kampung Lele memenangkan hibah kompetitif nasional maka ini dibiayai oleh Dikti untuk menjalankan kegiatan ini di Tahun Anggaran 2023,” Tutur Sigit kepada para wartawan di sela-sela kegiatan.
Dihari pertama, Pelatihan ini di isi oleh Donna Setiawati, MM membawakan tema terkait Digital Marketing dan Pengelolaan Web bagi UKM, Ari Wahyono, MCS Tehnik dan Pengelolaan Web, Hendriyati tentang Pelatihan Inovasi Produk Olahan Lele yang meliputi pembuatan naged/ Bakso Lele dan Sambel Tomat Lele, hari pertama kegiatan di tutup oleh Topan Setiwan, M.I.Kom dengan tema bagaimana cara penegemasan dan pelabelan produk yang ekonomis dan menarik.

Dihari kedua Rabu(06/09/2023) menampilkan pembicara Ir Sigit Muryanto, MP dan Topan Setiawan, M.I.Kom. Materi yang dibawakan tentang Sosialisasi Kampung Wisata Berbasis Masyarakat dan Pelatihan Introdusir Probiortik pada Budidaya Lele.

Salah satu peserta pelatihan, Agus, mengaku senang mengikuti pelatihan bareng UBY kali. Diharapkan melalui pelatihan dan bantuan peralatan mampu meningkatkan perekonomian kelompok di Desanya.

Sementara itu Kepala Desa Tegalrejo Fahruddin dalam sambutannya mengaku cukup bangga dan terimaksih atas pelatihan yang diadakan didesanya.

“Terimakasih tak  terhingga kepada UBY atas terselenggaranya kegiatan ini, semoga setelah adanya kegiata ini semua UKM di Desa Tegalrejo tambah maju”, Ungkapnya.

Pendiri EWRC Indonesia yang juga pengurus ISEI (Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia) Cabang Surakarta Eko Wiratno memberi apresiasi atas kegiatan pelatihan ini. Para pemateri kali ini luar biasa karena pakar dibidangnya masing-masing.

Harapan dari Eko Wiratno kegiatan yang telah diadakan kali ini mampu memberikan manfaat bagi para peserta agar dapat meningkatkan usahanya dengan berbagai tips and trick yang telah disampaikan oleh narasumber.(**)

 

 

[otw_is sidebar=otw-sidebar-6]
author

Author: 

Leave a Reply

Must read×